Kamis, 08 Desember 2011

Mencampur Pakan Puyuh dengan Bekatul(Dedak Halus), Baik atau Tidak???

Mencampur pakan. Ya, dulu pernah saya mendengar istilah itu sebelum beternak puyuh, yaitu di ternakan ayam pedaging (dicampur jagung giling). Dan setelah menjalani sendiri usaha ternak puyuh, malah lebih sering mendengar ungkapan mencampur pakan puyuh tersebut. Apa maksudnya?

Mencampur pakan puyuh berarti mencampur pakan pabrikan dengan bahan-bahan alternatif. Yang paling populer adalah bekatul (dedak halus), baru setelah itu jagung giling, polar, bahkan ada yang mencampur juga dengan nasi aking.

Tujuannya tentu untuk meningkatkan keuntungan peternak. Mengenai hal tersebut bisa lebih dipahami setelah menghadapkan antara harga telur puyuh dengan harga pakan puyuh.
Dimana mencampur bahan pakan alternatif yang lebih murah dengan pakan buatan pabrik bisa merupakan solusi, apalagi ketika harga telur puyuh sedang didera cobaan.

Khusus pada postingan kali ini lebih akan mengetengahkan "bagaimana" jika mencampur pakan puyuh pabrikan dengan bekatul (dedak halus). Pembahasan ini saya ambil dari komentar yang dituliskan Bp Puyuh Jepang di halaman "PAKAN TERNAK DAN PERMASALAHAN" blog ini. Jadi bukan tulisan saya pribadi.

Silahkan disimak:

Saya ada sedikit info masalah seluk beluk dedak halus atau bekatul.

ADA APA DENGAN BEKATUL ????? PADA PENGGUNAAN MAKANAN PUYUH.!!!!!!
Mari kita kutip dari beberapa ahli nutrisi, biokimia dan lain-lain.

Bekatul dihasilkan dari penggilingan kembali beras yang sudah pecah kulit dan terdiri dari lapisan kutikula sebelah luar dan sebagian kecil lembaga. Komposisi bekatul menurut sumiarsih (1987) terdiri dari aleoron, lapisan perikarp,embrio dan sebagian endosperm yang hancur berupa tepung yang dihasilkan dari penggilingan padi.

Sifat-sifat buruk / jelek bekatul: ...... Selengkapnya di sini. Terima kasih.

2 komentar:

Nedzork mengatakan...

burung kecil unik dan lucu... cara pelihara puyuh petelur

Sartika Dewi mengatakan...

Salam orang baikku ......

Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH. Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh